Apa itu Bucin? Bagaimana Sikap yang Benar Di Dalam Cinta?

Apa itu Bucin
Apa itu Bucin
Bucin - Cinta deritanya sungguh tiada akhir, begitulah patkai sering berkata di dalam serial kera sakti. Berbicara mengenai cinta tentu tidak akan ada habisnya. Pembahasan cinta bisa dikupas dari berbagai aspek kehidupan, cinta dalam kacamata ilmu sosial, cinta dalam kacamata ekonomi, cinta dalam pandangan agama, cinta dalam perspektif pendidikan, dan banyak hal lainnya.

Kita kembali ke pembahasan pada tema kita kali ini yang penjelasan mengenai apa itu bucin?

Beberapa tahun belakangan ini, ada banyak sekali frasa atau istilah bahasa gaul bermunculan ditengah tengah kehidupan sosial, khususnya di Indonesia. Kemunculan istilah-istilah ini pun disinyalir berangkat dari keisengan yang bercampur kreatifitas anak bangsa dalam menyikapi berbagai persoalan di dalam kehidupan sosial.

Dan salah satu frasa atau istilah yang cukup populer khususnya di kalangan milenial saat ini adalah BUCIN. Istilah bucin ini pun kerap muncul dalam percakapan sehari-hari baik dikalangan pelajar sekolah dasar, sekolah menengah, mahasiswa, bahkan dikalangan para warga yang notabene sudah bukan remaja lagi.

Lalu, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Bucin ini?

Pengertian Bucin

Tidak ada definisi baku atau resmi mengenai definisi atau pengertian bucin, karena memang pada dasarnya istilah bucin ini muncul begitu saja dan populer melalui sosial media. Namun, mayoritas dari warganet meyakini bahwa bucin adalah singkatan dari Budak Cinta.
Apa itu Bucin
Ilustrasi Balon - Budak Cinta
Adapun yang dimaksud dari Budak Cinta disini yaitu seseorang yang sangat mengagungkan cinta, dan selalu mengutamakan cinta diatas segalanya. Jadi, bila kamu melihat seseorang yang senantiasa menuruti, dan tunduk pada permintaan pasangannya meskipun permintaan tersebut terkadang melewati norma dan agama, maka orang tersebutlah yang disebut dengan bucin atau budak cinta.

Lalu bagaimanakah sebenarnya konotasi atau pandangan masyarakat mengenai bucin, baikkah? atau burukkah? Berikut penjelasannya.

Apakah Bucin itu Baik atau Buruk?

Perlu kita ketahui bersama, bahwa cinta adalah anugerah dari Rabb semesta alam. Seseorang yang di dalam dirinya terdapat cinta , umumnya akan merasakan ketenangan, bahagia, dan memiliki rasa empati terhadap makhluk disekitarnya. Tentu saja, yang kami maksud cinta disini adalah cinta yang masih berada di dalam batasan normal. Adapun seseorang yang biasanya diberi "predikat" bucin umumnya adalah mereka yang telah keluar dari zona/koridor cinta yang normal. Dan kita ketahui bersama bahwa segala sesuatu yang berlebihan akan berujung pada kehancuran dan kerugian.

Maka dari itu, tentu kita telah memahami secara jelas dan gamblang bahwa bucin atau "predikat" budak cinta adalah sesuatu kondisi yang memiliki konotasi atau pandangan negatif dalam masyarakat khususnya di Indonesia.

Bagaimana Sikap yang Benar Dalam Memaknai Cinta?

Berikut di bawah ini adalah beberapa tindakan yang benar dalam menyikapi cinta:
  1. Cintailah sesuatu karena Allah (Bangun rasa cintamu diatas fondasi keimanan)
  2. Jadikan cinta yang kita miliki mengantarkan kita dan orang yang kita cintai kepada kebaikan.
  3. Jauhkan diri dari perasaan cinta yang berlebihan kepada makhluk Allah (ghuluw)
  4. Menjalin hubungan yang tidak sah (pacaran) bukanlah cinta.
  5. Perasaan kasih dan sayang yang membawa pelakunya menjauh dari Allah dan melanggar perintah-perintahnNya bukanlah bagian dari cinta.
  6. Hubungan asmara yang merusak moral dan norma-norma sosial serta agama adalah hawa nafsu, bukan cinta.
Baca Juga : Fakta Menarik Korea Selatan

Bekerjasama dengan :

Related Posts

Subscribe Our Newsletter